7 Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Bunga Kamboja - Bunga kamboja merupakan tanaman yang berasal dari daerah Amerika tropik dan Afrika. Kamboja termasuk tanaman hias yang ditanam di pekarangan rumah maupun dalam pot. Kamboja mempunyai beberapa jenis, ada yang kerdil ada juga yang besar yang bisa mencapai tinggi beberapa meter.

manfaat bunga kamboja

Ada pohon kamboja yang daunnya lebar dengan ujung lancip, ada kamboja yang daunnya kecil dan lonjong. Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai obat adalah akar, daun, getah serta kulit pohonnya. Getah kamboja sangat kaya akan senyawa sama jenisnya seperti karet, triterpenoid amyrin lupeol, kautscuk dan damar. Berikut ini beberapa contoh manfaat bunga kamboja untuk kesehatan dan kecantikan.

Mengatasi bengkak
Kulit pohon kamboja berkhasiat untuk mengobati bagian tubuh yang bengkak. Caranya 1 sirap kulit pohon kamboja kemudian ditumbuk sampai halus. Selanjutnya rebus dengan setengah cerek air hingga mendidih. Air tersebut digunakan untuk merendam bagian tubuh yang bengkak.

Mengobati bisul
Kombinasi daun kamboja dan minyak kelapa  berkhasiat untuk mengobati bisul. Daun kamboja dilemaskan dan diolesi dengan minyak kelapa, kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang ditumbuhi bisul. Setelah kering ganti dengan daun yang lain.

Patek dan Puru (Frambusia)
Caranya ambil 2 siap kulit kamboja kemudian tumbuh hingga halus, selanjutnya rebus dengan 1 cerek air sampai mendidih. Air tersebut digunakan untuk mandi dan menggosok bagian tubuh yang luka.

Kencing nanah (Gonorrhea)
Anda dapat memotong 1 akar pohon kamboja, kemudian ditumbuk halus dan direbus dengan dua gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Air ramuan tersebut dapat diminum satu kali sehari sebanyak 1 cangkir.

Mengobati gigi berlubang
Getah kamboja sangat berkhasiat untuk mengobati gigi yang berlubang, caranya anda ambil getah pohon kamboja menggunakan kapas, kemudian kapas tersebut dipakai untuk mencocok gigi yang berlubang.

Menghilangkan tahi lalat
Untuk sebagian orang tahi lalat dapat mengganggu rasa kurang percaya diri khususnya para wanita. Wanita sering merasa risih dan terganggu terhadap tahi lalat yang dimilikinya. Tapi tenang saja anda dapat menghilangkan tahi lalat menggunakan getah pohon kamboja. Caranya ambil getah kamboja menggunakan kapas, kemudian tempelkan pada tahi lalat. Lakukan secara rutin sampai tahi lalat hilang dengan sendirinya.

Menghilangkan kutil
Anda juga dapat menggunakan getah kamboja, caranya hampir sama anda dapat menggunakan kapas, kemudian tempelkan pada kulitnya. Tapi anda harus waspada karena getah kamboja sifatnya tajam, jadi jangan sampai terkena bagian tubuh yang lain.

Demikian artikel tentang manfaat bunga kamboja, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.