5 Tips Menjaga Kesehatan Payudara

Tips menjaga kesehatan payudara - Payudara merupakan organ tubuh yang sangat penting untuk dirawat, baik bagi wanita itu sendiri maupun bagi pasangan. Oleh sebab itu, anda perlu mengetahui cara-cara merawat kesehatan payudara dan mengaplikasikannya setiap hari.

5 tips menjaga kesehatan payudara

Meski memiliki payudara yang bagus dan seksi bukan berarti payudara yang anda miliki itu sehat. Sehingga anda perlu waspada terhadap penyakit-penyakit yang sering menyerang payudara anda. Berikut 5 tips menjaga kesehatan payudara, anda dapat melakukannya di rumah sehingga menjada kesehatan payudara, dilansir detik health:

Memilih makanan yang sehat
Ahli diet, Nichola Whitehead mengungkapkan bahwa tubuh manusia terbuat dari nutrisi yang dikonsumsi. Ini berarti pola makan yang kurang asupan vitamin dan mineral dapat terlihat dari kondisi dan tampilan kulit, termasuk kulit payudara. Makanan yang wajib di konsumsi salah satunya ialah Ubi jalar dan bayam, karena makanan ini kaya akan vitamin A, serta membantu menyehatkan kulit halus di daerah payudara dan bagian lain dari tubuh.

Hindari minuman alkohol
Spesialis kesehatan, Alyssa Burns-Hill menjelaskan bahwa alkohol adalah minuman yang dapat meningkatkan tingkat estrogen di dalam tubuh wanita sampai tiga kali lipat. Sementara kanker payudara sensitif terhadap hormon dan memiliki tingkat estrogen yang lebih tinggi dapat menyebabkan sel kangker berkembang biak lebih banyak.

Gunakan bra sesuai ukuran
Sekitar 80 persen wanita diayakini mengenakan bra tidak dalam ukuran pas. Padahal hal ini dapat membuat payudara kendur, postur tubuh menjadi buruk, sakit punggung atau bahkan lecet dan ruam.

Periksa secara rutin
Harus rutin melakukan pemeriksaan terhadap tanda-tanda gejala kanker sedini mungkin, agar bisa menyelamatkan hidupp anda. Anda harus memastikan benjolan apapun yang mungkin bisa tumbuh di kedua payudara anda. Lakukan setidaknya setiap kali mandi agar risiko kanker payudara dapat diatasi sedini mungkin.

Lembabkan payudara
Gunakan lotion atau pelembab secukupnya secara rutin  setelah mandi untuk menjaga kelembaban kulit di area payudara dan mencegah munculnya keriput pada kulit payudara.

Demikian artikel tentang info dan tips menjaga kesehatan payudara anda secara alami, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda tentang menjaga kesahatan tubuh.