9 Makanan Untuk Penderita Kurang Darah

Makanan untuk penderita kurang darah - Anemia atau penyakit kurang darah dapat dikenal sebagai gejala seperti rambut rontoh, kelelahan dan sakit kepala. Kurangnya zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Kurangnya asupan yang sehat dan bergizi salah satu penyebab utama timbulnya penyakit ini. Selain itu pola tidur yang kurang juga dapat menyebabkan penyakit anemia.

makanan untuk penderita anemia

Ciri-ciri gejala anemia salah satunya adalah kepala pusing dan sering merasa lelah. Sehingga untuk anda haruslah berhati-hati dan selalu menjaga kesehatan anda. Pola hidup yang sehat dan jangan lupa untuk menyempatkan waktu berolahraga. Selain membiasakan berolahraga dan mengatur pola tidur berikut adalah makanan yang berkhasiat untuk mengatasi gejala dan penyakit anemia atau kekurangan darah.
Makanan laut
Ikan tidak hanya sebagai makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, tetapi juga merupakan sumber zat besi yang baik untuk tubuh.

Daging sapi
Daging merah merupakan makanan yang paling direkomendasikan untuk meningkatkan hemoglobin, tetapi pilihlah daging merah yang tak memiliki lemak. Daging sapi salah satu makanan yang tidak memiliki lemak sehingga baik untuk penderita anemia.

Beras merah
Berah merah memiliki beberapa manfaat kesehatan untuk penurunan berat badan, kolesterol, dan gangguan pencernaan. Berah merah juga mengandung zat besi yang dapat meningkatkan hemoglobin.

Hati 
Hati adalah sumber makanan yang kaya zat besi dan hati ayam memiliki 100 gram, dengan kata lain hati ayam memiliki kandungan 9 mg zat besi. Tetapi, hati sapi mengandung jauh lebih sedikit kalori dibandingkan dengan jenis hati lainnya dan sumber zat besi serta rendah kolesterol.

Stroberi 
Stroberi dapat meningkatkan hemoglobin melalui dua cara, yakni mengandung banyak zat besi dan membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Stroberi juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam darah.

Kentang 
Kentang sama seperti halnya stroberi yang mengandung zat besi dan juga vitamin C yang dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Kentang adalah salah satu sumber terbaik dari zat besi.

Brokoli
Merupakan salah satu sayuran direkomendasikan untuk meningkatkan hemoglobin, karena sayuran ini memiliki banyak zat besi untuk tubuh.

Tiram
Tiram merupakan keluarga kerang yang memiliki zat besi yang sangat besar. Selain kerang tiram udang juga memiliki sumber zat besi yang sangat besar pula. Makanan laut secara keseluruhan memberikan beberapa manfaat kesehatan.

Bayam
Bayam merupakan sumber vitamin A dan C, selain itu bayam juga mempunya kandungan magnesium. Sayuran ini mengandung banyak zat besi. Selain untuk meningkatkan hemoglobin bayam juga membantu untuk melawan kanker dengan memperlambat pertumbuhan sel.

Demikian artikel tentang 9 makanan sehat yang dapat dimakan untuk para penderita anemia atau penderita kurang darah. Dan jangan lupa jagalah kesehatan anda selalu dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi selain itu dibarengi dengan olahraga yang rutin agar badan selalu fit.