13 Makanan Penghambat Penuaan

Memiliki tubuh sehat, awet muda dan energik merupakan dambaan setiap orang. Oleh sebab itu banyak orang yang rajin olahraga dan diet sehat untuk mencapai impiannya tersebut. Lalu pemilihan jenis makanan pun berarti sangat penting karena makanan dapat membuat perubahan besar khususnya dalam merespon penuaan sel-sel dan mempertahankan daya tahan tubuh dari serangan penyakit. Berikut ini adalah 13 makanan penghambat penuaan:

makanan penghambat penuaan

Salmon
Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, fungsi dari organ tubuh seperti otak akan menurun. Tetapi dengan mengkonsumi asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan di salmon dapat melindungi kulit, otak, mata, jantung dan sendi. Salah satu lembaga amerika The American Heart Association menyarankan hingga 12 ons lemak ikan per-minggu.

Kopi
Kopi menuru sebagian orang adalah minuman yang dianggap kurang sehat, tetapi kenyataanya kopi juga memberikan berbagai manfaat selama kita tidak berlebihan meminumnya. Beberapa data menunjukan bahwa orang yang minum kopi memiliki peluang lebih rendah terkena penyakit jantung. Selain itu kopi juga dapat menurunkan resiko diabetes tipe-2 dan parkinsom. Yang perlu diperhatikan dalam meminum kopi adalah tidak ditambahkannya gula atau krim.

Kayu Manis
Dari berbagai penelitian menunjukan bahwa kayu manis dapat menurunkan lonjakan insulin setelah makan. Taburkan 1/4 sendok teh kayu manis pada makanan sehari-hari.

Blueberi
Buah kecil berwarna biru yang tinggi serat, sarat dengan vitamin dan mineral, dan sumber antioksidan yang dapat membantu melindungi otak dan kulit sehingga dapat mengahmbat penuaan.

Yogurt 
Makanan yang rendah lemak dan rendah gula yang banyak mengandung manfaat bagi tubuh. Selain itu protein dan bakteri probiotik sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan serta mencegah berbagai macam penyakit.

Oats
Makanan yang banyak serat dapat mencegah penyakit pencernaan, diabetes serta kolesterol tinggi. Serat pada oats bermanfaat apabila dikombinasikan dengan zat gizi lainnya.

Bayam
Masalah yang sering muncul ketika sudah beranjak tua ialah penyakit osteoporosis. Seperti diketahui baya, merupakan sumber terbaik dari vitamin K. satu cangkir bayam segar memasok lebih dari satu setengah kali kebutuhan harian anda. Untuk hasil maksimal, tambahkan stroberi pada salad bayam. Keduanya diketahui kaya bahan kimia tanaman, polifenol yang membuat anda dapat berpikir cepat.

Jagung
Penelitian dari luar negeri menunjukan bahwa komponen serat yang ditemukan dalam jagung dapat mencegah pertumbuhan kanker. Para peneliti berspekulasi senyawa IP6 yang ditemukana dalam jagung mencegah pembelahan sel-sel kanker.

Cokelat Hitam
Coklat hitam merupakan coklat yang rendah gula sehingga dapat menurunkan LDL (Kolesterol Jahat) dan meningkatkan HDL (Kolesterol Baik) dalam tubuh.

Green tea
Teh hijau memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi. Peneliti cina menemukan bahwa orang yang minum 3 cangkir teh hijau per hari memperlambat proses penuaan. Alasannya teh hijau dapat meningkatkan struktur DNA dan memperlambat sel yang dihasilkan selama proses penuaan.

Bubuk Kari
Merupakan campuran bumbu rempah yang sering digunakan oleh masyarakat Asia Selatan. Bubuk kari biasanya terdiri atas campuran ketumbar, kunyit, kelabat, dan lada merah. Di negara Asia Selatan sana seperti India, hampir setiap hari mengkonsumi bubuk kari ini. Karena sangat berkhasiat tinggi yaitu dapat meningkatkan mental seseorang. Selain itu kunyit juga mempunyai kandungan zat kurkumin sejenis antioksidan yang dapat mengahmbat kanker pada tubuh.

Tomat
Menurut peneliti jerman, tomat mempunyai peranan yang sangat besar dalam melindungi kulit dari sinar ultraviolet apabila kita sering mengkonsumsinya ataupun kita membuat buah tomat menjadi masker untuk kulit kita.

Kacang Almond
Kacang almon merupakan kacang yang kaya akan vitamin E. Kenapa vitamin E sangat penting? Para peneliti dari berbagai institut kedokteran menjelaskan tentang khasiat vitamin E yaitu mempengaruhi kecepatan, koordinasi dan keseimbangan pada orang yang usianya 65 tahun.