Manfaat Makanan Untuk Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat makanan untuk meningkatkan konsentrasi dapat mempengaruhi performa kita dalam berfikir setiap hari, selain itu ada makanan yang dapat juga mengurangi tingkat fokus kita. Supaya senantiasa konsentrasi kita lebih tajam dan fokus khususnya untuk para pekerja kantoran dan anak sekolahan perlu makan-makanan yang memiliki gizi yang baik.

makanan meningkatkan konsentrasi

Kebutuhan kalori pria rata-rata 2000-2300 kalori sedangkan wanita sekitar 1500-1800 kalori. Mencukupi kalori saja belumlah cukup, perlu gizi dalam jumlah yang cukup dan seimbang. Nutrisi yang dimaksud adalah serat, protein, vitamin, mineral dan lemak. Sumber nutrisi juga kita harus teliti dalam memilihnya karena ada sumber nutrisi yang baik ada juga yang kurang baik.
Pemilihan makanan sehat untuk karbohidrat pilihlah sumber makanan yang memiliki karbohidrat kompleks dengan indeks gikemik rendah misalnya kentang dengan kulitnya dan nasi merah. Hindari karbohidrat sederhana seperti gula atau makanan yang mengandung banyak tepung karena meskipun sama-sama sumber karbohidrat tetapi makanan tersebut dapat menurunkan daya konsentrasi. Untuk lemak pilihlah sumber makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti omega 3 dalam ikan, omega 6 dalam kedelai, dan omega 9 yang terdapat pada minyak zaitun. Sedangkan lemak yang harus dihindari adalah makanan dari gorengan, cepat saji, daging merah dan makanan laut.

Protein sebagai zat pembangun juga penting, seimbangkan jumlah makanan yang mengandung protein hewani dan nabati. Sumber protein yang meningkatkan konsentrasi diantaranya putih telur, daging ayam tanpa kulit dan kacang-kacangan. Dengan makan-makanan sayuran dan buah setiap hari secara rutin akan menambah asupan vitamin bagi tubuh. Masalah pekerja kantoran biasanya sering merasa lapar, untuk mengatasi hal ini harus meningkatkan asupan protein serta mengkonsumsi snack diantaranya sarapan dan makan siang. Snack yang dimaksud juga snack yang sehat seperti protein bar atau potongan buah-buahan. Selain makanan yang sudah dibahas tidak kalah pentingnya adalah asupan cairan, dianjurkan minum 8 gelas setiap hari.Hal ini dilakukan supaya badan tidak kekurangan cairan yang dapat mengakibatkan dehidrasi dan metabolisme tubuh menjadi menurun.

Sekina artikel tentang manfaat makanan untuk meningkatkan konsentrasi semoga bermanfaat bagi para pembaca. Terima Kasih.