4 Tips Mengatasi Insomnia

Tips Mengatasi Insomnia - Tidur adalah hal yang wajar yang dilakukan sehari-hari oleh setiap orang, namun ada juga waktu ketika orang susah memejamkan mata untuk tidur, atau yang sering kita sebut insomnia. Hal ini bisa disebabkan oleh adanya aktvitas baru atau jadwal yang berubah-ubah. Tak jarang juga stres dan depresi menyebabkan seseorang susah tidur. Jika anda termasuk orang yang susah tidur, jangan khawatir. Berikut adalah beberapa cara agar anda bisa tidur cepat.


Matikan lampu
Tubuh manusia memiliki jam alami yang bisa mengenali adanya sinar. Ketika sinar terang mengenai tubuh, biasanya bisa membuat tubuh tetap aktif sehingga anda susah tidur. Untuk itu cara yang ampuh agar anda cepat tidur adalah mematikan lampu. Hal ini juga berlaku untuk peralatan elektronik seperti gadget, televisi, dan komputer.

tips mengatasi insomnia

Jadwalkan kegiatan anda
Ketika anda bekerja seharian dan melakukan berbagai kegiatan dan pada saat waktunya tidur ternyata anda masih memiliki banyak pekerjaan yang belum selesai. Maka anda harus memiliki jadwal kegiatan yang baik. Agar pekerjaan anda tidak mengganggu waktu istirahat.

Makanan untuk mengatasi insomnia
Salah satu hal yang sering tak disadari adalah pengaruh makanan terhadap waktu tidur. Tak hanya jenis makanan, jam makan sebelum tidur pun bisa mempengaruhi seseorang untuk tidur dengan lelap atau tidak. Sebaiknya makan malam adalah du samapi tiga jam sebelum anda tidur. Ini akan sangat membantu anda agar cepat beristirahat dengan tenang.

Olahraga pagi
Setiap tubuh mempunyai alasan yang sederhana kenapa mata susah untuk di istirahatkan, salah satunya adalah masih tersimpannya energi yang tersisa di dalam tubuh. Hal ini bisa diakali dengan melakukan olahraga cukup, namun jangan melakukan olahraga di sore atau malam hari. Karena berolahraga dekat dengan waktu tidur malah jutru membuat mata anda susah terlelap.

Itulah beberapa tips mengatasi insomnia, memiliki waktu tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental. Untuk itu tingkatkan kualitas dan kuantitas waktu tidur anda.