Manfaat dan Khasiat Buah Stroberi untuk Kesehatan

Manfaat dan khasiat buah stroberi sudah tidak diragukan lagi. Buah yang satu ini sering digunakan oleh setiap orang baik dari jaman dahulu sampai sekarang untuk mengobati berbagai penyakit. Buah yang memiliki rasa manis dan menyegarkan ini menjadi salah satu jenis buah beri yang paling populer. Selian itu buah ini mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat tinggi di dalamnya.

manfaat dan khasiat buah stroberi

Buah khas stroberi ini berasal dari Amerika dan dikembangbiakan dengan baik di daerah Amerika Utara untuk jenis Fragaria Virginiana yang terkenal akan rasanya, Chile untuk jenis Fragaria Chiloensis untuk ukuran besarnya. Nama Fragaria diambil dari kata ”Fragans” yang artinya harum yang merujuk dari bau harum buah stroberi. Nah setelah anda mengetahui tentang asal usul buah stroberi inilah manfaat dan khasiat buah stroberi untuk kesehatan.

Mengurangi risiko penyakit jantung
Buah stroberi mengandung zat antosianin flavonoid yang mampu menyehatkan jantung. Selain itu buah ini dapat mengurangi penumpukan plak pada arteri jantung, serta menurunkan peradangan yang dapat terjadi di jantung Serat dan kalium pada stroberi juga baik untuk kesehatan jantung. Menurut penelitian di Harvard School of Public Health, menyebutkan bahwa wanita yang makan stroberi sebanyak 3 kali seminggu akan mengurangi risiko terkena serangan jantung.

Mengurangi kolesterol jahat
Buah stroberi adalah salah satu jenis buah beri yang tinggi akan antioksidan di dalamnya. Zat ini dapat melawan zat karsinogenik dan dapat mengurangi kolesterol jahat yang ada didalam tubuh.

Meningkatkan sistem imun dalam tubuh
Yang harus anda ketahui bahwa sekitar 1 porsi buah stroberi mengandung vitamin C 85 mg yang lebih banyak dari pada buah jeruk. Hal tersebut membuat sistem imun di dalam tubuh anda akan semakin meningkat. Sehingga tubuh anda akan lebih kebal terhadap penyakit seperti flu, batuk dan yang lainnya.

Menurunkan berat badan
Untuk anda yang sedang melakukan diet segeralah mengkonsumsi buah ini sebagai cemilan anda setiap hari. Karena buah stroberi dipercaya dapat menurunkan berat badan anda. Kandungan anthocyanin di dalam buah stroberi mampu membakar tumpukan lemak di dalam tubuh.

Menyehatkan otak
Sebuah penelitian juga menunjukan bahwa kandungan antioksidan yang ada di dalam stroberi membantu meningkatkan kemampuan kognitif anda dan mengurangi risiko demensia di usia tua. 

Cukup banyak ya manfaat dan khasiat buah stroberi, meskipun itu semua hanya sebagian kecil yang dapat saya sampaikan tentang manfaat stroberi tapi sudah membuktikan bahwa buah stroberi kaya akan vitamin sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan anda. Semoga artikel yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang manfaat makanan sehat.