Khasiat Dan Manfaat Buah Manggis

Khasiat dan manfaat buah manggis sudah tidak diragukan lagi buah yang satu ini selain kaya akan vitamin juga memiliki rasa yang nikmat sehingga tidak heran jika banyak orang yang menyukain buah ini. Buah yang memiliki warna keunguan ini memiliki nama latin Garcinia mangostana yang mana pohonnya merupakan pohon hijau abadi yang hidup di daerah tropis yang mana orang mempercayai pohon ini berasal dari kepulauan nusantara. Pohon buah manggis bisa mencapai tinggi 25 meter, sehingga banyak orang yang harus memanen buah ini dengan susah payah.

khasiat buah manggis


Buah manggis ketika masak kulitnya akan berubah menjadi warna merah keunguan dan kadang kecoklatan sementara itu buah di dalamnya berwarna putih dan banyak di gemari oleh setiap orang. Meskipun bentuk buah manggis aneh bentuknya tapi siapa sangka jika buah yang satu ini memiliki banyak manfaat yang bisa di jadikan obat untuk tubuh manusia. Setelah ditemukan kegunaan buah manggis ini makin banyak orang yang memanfaatkan dan mengkonsumsi buah yang satu ini untuk menjaga kesehatan tubuh. Dari sekian banyaknya manfaat dari buah manggis saya akan membahas sebagian saja tentang manfaat buah manggis untuk kesehatan.

Mencegah kanker, buah manggis dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kanker. Senyawa xamthone atau senyawa anti-kanker yang terdapat pada buah manggis bermanfaat baik untuk memperlambat proses tumbuhnya sel-sel kanker pada usus besar dan kanker hati. Bahkan kandungan xanthone juga mampu memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab penyakit leukimia.

Menjaga kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas, buah yang satu ini memiliki kandungan yang sangat baik yaitu catechins. Kandungan tersebut ternyata dapat mengalahkan vitamin C serta vitamin E yang ada dalam tubuh kita. Padahal dengan vitamin C dan E inilah yang berguna untuk menangkal tubuh dari penyakit dan radikal bebas. Nah buat anda yang ingin tetap sehat harus mengkonsumsi buah manggis setiap hari rutin supaya anda dapat terhindar dari radikal bebas dan tentunya anda juga akan memperoleh cadangan antioksidan alami yang melimpah dari buah yang satu ini.

Mencegah batu ginjal, mungkin secara tidak sadar apabila anda sering mengkonsumsi buah yang satu ini maka anda akan sering mengalami buang air kecil. Hal inilah yang bisa menghindarkan anda dari penyakit batu ginjal untuk mendapatkan manfaatnya usahakan konsumsi buah manggis rutin minimal 3 ons dalam tiap harinya.

Menurunkan berat badan, untuk anda yang sedang melakukan program menurunkan berat badan sebaiknya anda sering mengkonsumsi buah yang satu ini. Kandungan xanthone selain bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes dan penyakit jantung. Zat xanthone ini juga bermanfaat untuk melunakkan kembali sel-sel membran yang sudah membesar dan mengeras bersama besarnya tubuh kita.

Itu merupakan sebagian khasiat dan manfaat buah manggis yang dapat saya sampaikan. Meskipun hanya sedikit saya harap dapat bermanfaat buat anda yang sudah membacanya. Selain anda memakan-makanan yang sehat anda juga harus dibarengi dengan pola hidup yang sehat dengan tidur dan teratur dan tidak merokok, lalu harus dibarengi dengan olahraga yang teratur agar hidup anda lebih sehat lagi.