6 Makanan Yang Dapat Mengurangi Stres

Manajemen stres yang baik bisa memberikan dampak bagi yang baik bagi kesehatandan produktifitas. Ada banyak strategi mengurangi dampak buruk stres salah satunya dengan makanan. Makanan dapat mengurangi stres dalam beberapa mekanisme misalnya pisang dapat meningkatkan kadar serotonin yang membuat kita lebih santai sedangkan jenis makanan atau minuman lain secarasignifikan menurunkan kadar hormon stres seperti kortisol dan adrenalin.

makan sehat, makanan mengurangi stres

Banyak peneliti dari dalam maupun luar negeri yang meneliti berbagai macam makanan untuk mengurangi stres. Anda dapat menyimak ulsan berikut tentang 6 makanan yang dapat mengurangi stres. 
Jeruk
Kandungan vitami C dalam jeruk dapat mengurangi kadar hormon stres sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Studi yang dilakukan pada penderita darah tinggi menunjukan bahwa mengkonsumsi vitamin C sebelum pembebanan sters dapat menurunkan kadar hormon kortisol (hormon stres).

Lemak ikan
Kandungan omega 3 dalam minyak ikan salmon, tuna dan bandeng terbukti mencegah peningkatan hormon stres terlalu tinggi, mencegah penyakit jantung, gangguan mood.

Teh hitam
Teh hitam hangat mampu memulihakan tubuh dari stres lebih cepat. Segelas teh hitam setiap hari bisa menjadi tameng efektif terhadap stres.

Kacang-kacangan
Biji-bijian dan kacang-kacangan mengandung lemak sehat, menurunkan kolesterol yang menurunkan peradangan di pembuluh darah arteri. Akan tetapi jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya karena mengandung banyak kalori.

Alpukat
Alpukat juga memiliki banyak kandungan lemak sehat. Kandungan kalium yang tinggi juga baik dikonsumsi saat pikiran penat.

Susu
Penelitian menunjukan bahwa kalsium mengurangi kecemasan dan masalah mood. Susu hangan menurunkan efek stre dengan cepat.

Semoga artikel tentang makanan yang dapat mengurangi stres dapat bermanfaat untuk anda, dan dapat menambah wawasan anda tentang hidup sehat.