Manfaat dan Khasiat Rumput Laut

Manfaat dan khasiat rumput laut - Rumput laut atau gulma laut merupakan salah satu sumber daya hayati yang terdapat di wilayah pesisir dan laut. Biasanya rumput laut hidup pada karang yang sudah mati, rumput laut ini memiliki warna yang khas coklat dan juga berwarna hijau. Di Indonesia rumput laut masih banyak di temukan karena budidaya rumput laut sering dilakukan oleh masyarakat setempat sebagai mata pencaharian mereka. Produk rumput laut yang paling terkenal di Indonesia adalah agar-agarnya, masyarakat menggunakan rumput laut sebagai bahan pembuatan agar-agar yang sudah terkenal ke lezatannya.

manfaat dan khasiat rumput laut

Rumput laut merupakan salah satu jenis dari makanan laut yang memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Semua jenis rumput laut mulai dari Dulse, Bladderwrack, Kombu, Sea Lettuce, hingga Nori dikenal kaya akan protein yang baik untuk peningkatan kualitas kesehatan tubuh dan juga memiliki banyak sekali kandungan vitaminnya.  Selain itu pada rumput laut mengandung kalsium, zat besi, kalium bahkan yodium. Yang paling menghebohkan lagi adalah kandungan kalsium yang ada di dalam rumput laut lebih banyak dari pada kandungan kalsium di dalam daging sapi, brokoli dan susu. Nah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang manfaat dan khasiat rumput laut untuk kesehatan tubuh, jadi anda, jadi yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang semua manfaatnya bisa simak artikel ini.

Mengurangi berat badan
Untuk anda yang lagi mengikuti program diet sebaiknya selalu mengkonsumsi rumput laut. Karena kandungan yodium di dalam rumput laut dapat menjaga kesehatan kelenjar tiroid tubuh anda. Kelenjar tiroid ini dapat mengatur metabolisme tubuh sehingga berat badan tetap seimbang. Terlebih lagi mineral yang ada didalam rumput laut dapat mengahncurkan sel-sel lemak di dalam tubuh.

Mencegah kanker
Rumput laut memiliki zat anti oksidan alami yang disebut dengan lignan. Senyawa ini dikenal mampu memperlambat pertumbuhan tumor. Hasil dari penelitian yang lain juga membuktikan bahwa kandungan asam folat yang tinggi di dalam rumput laut mampu mencegah kanker di usus besar.

Mendetoks tubuh
Rumput laut sangat cocok dikonsumsi anda yang sering terpapar racun dan polusi dari dalam tubuh. Kandungan klorofil yang dipercaya dapat membantu tubuh untuk melakukan detoks  secara alami.

Mencegah anemia
Untuk anda yang mempunyai penyakit anemia direkomendasikan untuk mengkonsumsi rumput laut. Hal tersebut dibuktikan bahwa rumput laut dapat meningkatkan pembentukan sel darah merah. Hal ini diyakini karena mengandung zat besi yang sangat tinggi.

Mencegah keropos tulang
Rumput laut memiliki kalsum yang lebih banyak dari susu. Sehingga rumput laut dapat mencegah resiko keropos tulang dan bisa menjaga pertumbuhan tulang dan gigi bahkan rumput laut dapat menjaga kesehatan kuku dan rambut.

Mungkin cukup itu saja yang dapat saya sampaikan tentang manfaat dan khasiat dari rumput laut, semoga artikel saya dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang makanan yang sehat.