Tips Ampuh Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung Secara Alami

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung - Jerawat dalam bahasa inggris acne adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceous gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Jerawat ternyata tidak hanya bisa muncul di wajah, bahkan jerawat bisa muncul di bagian tubuh lainnya, salah satunya di bagian punggung. Tipe jerawat ini sama dengan jerawat pada umumnya, yaitu memberikan rasa tidak nyaman karena bisa menyebabkan penderitanya merasa gatal. Untuk itu, mari kita bahas dari awal ya mulai dari penyebabnya.

tips ampuh cara menghilangkan jerawat di punggung


Dari beberapa tulisan pakar kecantikan khususnya kulit melalui beberapa media baik offline maupun online berhasil kami dapatkan informasi bahwa penyebab utama memburuknya tragedi jerawat dipunggung ini salah satunya adalah dipicu oleh masalah kebersihan. Selain itu banyak hal lain yang dapat memicu tumbuhnya jerawat di punggung berikut ulasannya.

Mengapa Jerawat Bisa Tumbuh di Punggung?

Langkah awal untuk mengobati jerawat yang tumbuh dipunggung adalah mengetahui apa saja hal-hal yang menjadi penyebabnya. Untuk itu, yuk kita simak penjelasan berikut ini :

1. Keringat  
Setiap kali kita melakukan aktivitas berat seperti fitnes dan olahraga, biasanya tubuh akan mengeluarkan keringat dalam jumlah yang cukup banyak. Keringat tersebut, akan membuat keadaan tubuh anda menjadi lembab, dan hal inilah yang akan menyebabkan munculnya jerawat. 


2. Kurang Tepat dalam Memilih Pakaian
Jerawat dipunggung bisa disebabkan oleh pemakaian pakaian yang kurang tepat, misalnya menggunakan pakaian yang terlalu ketat, membuat panas dan tidak dapat menyerap keringat, shingga dapat menimbulkan bakteri yang dapat bercampur dengan sel kulit mati dan keringat, dan dapat menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dan munculah jerawat.


3. Penggunaan Kondisioner
Kondisional biasa digunakan untuk perawatan rambut, agar rambut tetap sehat. Namun tahukah anda, dalam kondisioner terkandung silikon yang jika terpapan pada permukaan kulit, juga bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat. Oleh sebab itu, setiap kali anda selesai memakai kondisioner pada rambut, alangkah baiknya anda langsung membersihkannya dengan sabun agar sisa kondisioner tersebut tidak terpapar pada permukaan kulit anda.


4. Pemakaian Tas
Saat anda memakai tas, sebaiknya anda menghindari membawa beban yang cukup berat, karena dapat membuat keringat terjebak pada bagian tubuh yang tertutup oleh tali tas anda. Selain itu anda juga dapat memilih tas dengan tali yang tipis.


5. Pemakaian Pelembut dan Pewangi Pakaian
Tahukah anda, penggunakan pelembut / pewangi pakaian kadang tidak cocok dengan tipikal kulit tertentu. Jika kulit anda termasuk kulit yang sensitif dan mudah berjerawat, sebaiknya anda hanya menggunakan detergen saja dalam mencuci pakain, agar kulit anda terhindar dari iritasi penyebab jerawat.

Bagaiamana Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung?

Untuk mengatasi jerawat yang tumbuh di punggung, kita bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Cara yang akan dibahas dalam artikel ini adalah cara tradisional. Tapi jangan khawatir, walaupun hanya tips tradisional, yang pentih ampuh. Berikut ini adalah perawatan yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan jerawat di punggung :

1. Menjaga kebersihan Tubuh dengan Sabun Anti Bakteri
Pada dasarnya, penyebab jerawat adalah karena kebersihan tubuh tidak terjaga. Maka dari itu, mandilah secara rutin agar tubuh anda bersih dan meminimalisir resiko tumbuhnya jerawat. Anda bisa menggunakan sabun anti bakteri agar lebih efektif.


2. Melakukan Scrub Secara Teratur
Melakukan scrup bertujuan untuk pengelupasan sel-sel kulit mati agar tidak menutupi jerawat, sehingga jerawat akan lebih mudah untuk disembuhkan. Anda dapat melakukan scrub dengan butiran yang halus, tujuannya yaitu untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit. Setelah proses scrub selesai, jangan lupa untuk memakai lotion. Lakukan scrub secara teratur misalnya 1 minggu sekali. Oh iya, melakukan pengangkatan sel kulit mati (scrub) juga jangan terlalu sering karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Penting :
Langkah ke-2 ini hanya boleh dilakukan jika jerawat belum meradang / parah.

3. Menggunakan Buah Lemon
Lemon mengandng (vitamin B, vitamin C, fosfor serta karbohidrat) yang bermanfaat untuk mengoabti jerawat dan menghilangkan flek hitam. Caranya :
peraslah 1 buah lemon
campurkan dengan sedikit air
gunakan kapas untuk mengoleskan air perasan jeruk lemon tersbut pada area kulit yang berjerawat.

4. Aspirin
Aspirin merupakan obat penurun panas demam. Selain ampuh untuk menurunkan panas, juga obat tersebut sangat ampuh untuk mengobati jerawat, baik jerawat diwajah maupun jerawat dipunggung. Karena diketahui dalam obat aspirin terkandung anti imflamasi yang mana dapat mencegah penyumbatan pada pori-pori kulit. Bagaiaman caranya?
haluskan 10 butir (secukupnya) aspirin hingga benar-benar halus
campur dengan air, kemudian aduk hingga membentuk pasta
oleskan pada bagian kulit yang ada jerawatnya
biarkan sekitar 15-20 menit
bilas dengan air dingin / air es

5. Tomat
Sama halnya dengan jerawat yang ada di wajah, tomat juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat yang tumbuh di punggung. Tomat ini juga bisa dipakai sebagai pengganti scrub Caranya :
sediakan beberapa buah tomat matang dengan warna yang merah menyala
haluskan dengan blender
gosokan pada bagian kulit yang ada jerawatnya
diamkan beberapa saat hingga mengering
bilang dengan air dingin

6. Kulit Jeruk
Buah jeruk memang kaya akan manfaat, karena jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C tertinggi. Namun, tidak hanya buahnya, kultinyapun ternyata bisa kita gunakan untuk mengobati jerawat, caranya mudah :
rendam kulit jeruk kering dalam air
haluskan dengan blender
kemudian campurkan dengan beberapa sendok susu
oleskan pada bagian kulit yang berjerawat
diamkan selama -+ 15-20 menit
bilas dengan air dingin

7. Menggunakan Putih Terlur
Selain dapat bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah, putih telur juga efektif untuk menyembuhkan jerawat di punggung. Caranya :
Pisahkan putih telur dari kuning telur
oleskan puith telur tersebut pada area kulit yang berjerawat
diamkan 20-30 menit / hingga mengering
bersihkan dengan air dingin

Nah demikian beberapa tips yang bisa teman-teman coba di rumah nantinya, semoga bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Semua tips diatas sangatlah mudah simple dan pastinya murah tanpa harus merogoh kocek yang sangat dalam. Sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya, dan semoga bermanfaat untuk teman teman semua semuanya nanti. Bagaimana tanggapan anda mengenai tips menghilangkan jerawat diatas? apabila anda punya pengalaman tersendiri tentang jerawat? jika anda punya tips jitu lainnya seputar jerawat, jangan sungkan untuk berbagi via kolom kmentar ya.